Tips Berpuasa Agar Tidak Lesu

LOKKOLEDO-- Dibulan Suci ini, terntunya kita ingin untuk berpuas. Namun ada problema yang sering dialami manusia terutama umat islam. Seperti misalnya kehabisan tenaga yang mengakibatkan lesu dan kehabisan tenaga.

Akibat dari hal ini, banyak yang membatalkan puasanya. Padahal puasa merupakan hal yang sangat peting. Selain itu ada juga yang memang memilih untuk tidak berpuasa. Dengan alasan takut kehabisan tenaga karena nantinya akan beraktifitas lama dan keras.

Ilustrasi
Namun jangan kwatir kali ini Lokkoledo akan memberikan tips agar anda bisa menahan  lapar, dahaga, apalagi di siang hari yang panas terik dengan suhu udara mencapai 31 ° C saat menjalankan puasa. Salah satu kuncinya menurut beberapa ahli adalah disiplin saat makan, terutama sahur. Kegiatan makan saat dini hari ini memang terkadang dilewatkan, terutama oleh mereka yang berakitvitas sampai larut malam. Meski nafsu makan kacau balau karena masih mengantuk, sahur sebaiknya tetap dilakukan.

Makan sahur itu ibarat sumber energi saat harus menahan rasa lapar dan haus selama 14 jam di siang harinya. Makanan dan minuman yang paling pas untuk persiapan puasa adalah makanan yang kaya karbohidrat kompleks, seperti nasi dan tepung. Selain itu, anda juga dapat memakan serat pada sayur dan buah.

Pasalnya makanan seperti ini dapat menahan rasa lapar lebih lama karena proses pencernaannya bisa sampai delapan jam. Sangat super bukan?

Walaupun seperti itu, ada juga jangan sampai mengabaikan makanan yang bersifta bergisi seimbang. yang mempunyai komposisi 50 persen karbohidrat,10-15 persen protein, 25 persen lemak.

Bukan hanya itu, anda juga harus mencari makan yang memiliki vitamin dan mineral yang proporsiona. Yang perlu anda ketahui bahwa wanita memiliki kebutuhan lebih sedikit dari pada pria. Biasanya wanita hanya membutuhkan sekitar 1.900 kalori. Sedangkan pada pria membutuhkan sekitar 2.100 kalori. Jauh bedah bukan? Jangan heran priakan orangnya pekerja keras. Jadi jangan sampai anda gebrak-gebrak suaimi dengan alasan terlalu banyak makan.

Nah satu lagi yang perlu anda perhatikan yakni air minum. Untuk berpuasa anda harus meminum air sekitar 8 gelas selama waktu berbuka dan sahur. Sebab cairan dalam tubuh diharapkan tetap stabil.

Nah demikian cara untuk berpuas agar tetap happy tiap hari dan tahan lama. Semoga bermanfaat.

Catatn: Air minum dapat diganti dengan susu karena susu mengandung sejumlah molekul air yang dapat membantu menjaga cairan tubuh, terutama bagi mereka yang terus aktif.

0 Response to "Tips Berpuasa Agar Tidak Lesu"

Post a Comment