Manuk A’pak, Peradah Mamasa Gelar Porseni

Turnamen Bola Folly
LOKKOLEDO-- Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah), Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar) mengelar Pekan Olaraga dan Seni (Porseni), Minggu 18 Juni 2016. Acara tersebut, digelar dalam rangka perayaan Manuk Apak (Galungan) yang diperingati setiap enam (6) bulan sekali.

“Dalam acara ini kita angkat Tema “Melalui Pekan Olaraga dan Seni  (Porseni) Penghimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia Kabupaten Mamasa Dalam Rangka Perayaan Galungan/Manuk Apak Kita Tingkatkan Srada dan Bhakti Kepada Tuhan Yang Maha Esa Serta Membangkitkan Kerukunan Hidup Beragama,” kata Arpan salah satu perserta Porseni, saat ditemui Lokkoledo dilapangan Pasapa Tippalu (Pastil), Desa Makuang.

Peradah Mamasa
Hadir dalam acara tersebut yakni Ketua Parisada Mamasa, Mayara, Spd, Amberambu, Selaku pemangku Hindu Aluk Todolo, dan sejumlah tokoh masyarakat serta 15 kontimen yang merupakan para peserta.

Dalam acara yang digelar selama lima hari yakni tanggal 18 sampai 23 Juni ini, terdapat sejumlah olaraga dan seni yang dipentaskan. Diantaranya yakni pentandingan Bola Folly, Sepak Takraw, Bulu Tangkis, Tennis Meja, pertandingan Catur, Vokal Gurup, Paduan Suara,  dan sejumlah Tari-tarian.

Berdasarkan pantauan Lokkoledo dilapangan, terdapat ribuan umat Hindu Aluk Todolo (Alukta) yang hadir dalam acara itu. Mereka terdiri dari anak-anak hingga hingga orang tua. Porseni seperti ini memang kegiatan ruti yang dilakukan Umat Hindu Alukta setiap 6 bulan sekali. Hal ini dilakukan untuk membangkitkan serta mengajarkan ke generasi Hindu Alukta agar mencintai Budaya dan Adat Lokal. (MK)

0 Response to "Manuk A’pak, Peradah Mamasa Gelar Porseni"

Post a Comment