Akibat Hal Ini, Negara Rugi Rp 100 Triliun


Image result for perusahaan penanaman modal asing (PMA)

LOKKOLEDO-- Dalam sepuluh Tahun sebanyak 2.000 perusahaan penanaman modal asing (PMA) di Indonesia tidak membayar pajak. Akibanya negara mengalami kerugian sekitar Rp 100 triliun. Hal ini dikatakan oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet hari ini, Rabu, 23 Maret 2016, kepad Tempo.

"Jadi, dalam sepuluh tahun, kita kehilangan hampir Rp 100 triliun hanya dari 2.000, sebanyak 1.900 sekian PMA yang ternyata tidak komplain. Ini adalah juga bagian dari penggelapan pajak yang harus dibereskan," jelas dia.

Kerugian tersebut, didapat berdasarkan pemeriksaan pajak. Pasalnya jika dihitung maka seharusnya Penanam Modal Asing tiap tahunya membayar paling tidak sebesar Rp 72 miliar.

Namun pada kenyataanya, pembayar pajak yang punya lebih dari satu sumber pendapatan itu jumlahnya hanya 5 juta wajib pajak (WP).Ini artinya dari jumlah tersebut, hanya 900 ribu yang benar-benar membayar dengan nilai cuma hampir Rp 9 triliun. 

"Artinya, kembali lagi, ada unsur ketidakpatuhan juga di dalam pembayar pajak pribadi, tutur Bambang saat ditemui tempo.

Maka dari itu, Bambang barharap, agar hal seperti itu segera diperhatikan pemerintah, Direktorat Jenderal Pajak dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan. Sebab, PMA memiliki transaksi yang bisa menjadi jalan untuk mengusut kasus tersebut.

Sumber: Tempo

1 Response to "Akibat Hal Ini, Negara Rugi Rp 100 Triliun"

  1. luar biasa yaaa

    Artikelnya bagus, thanks for sharing. Izin sharing gan :)

    ROMEOPOKER | AGEN POKER ONLINE | AGEN DOMINO99 ONLINE | AGEN BANDARQ
    AGEN POKER ONLINE
    AGEN DOMINO99 ONLINE
    AGEN BANDARQ

    Website Kami : Romeopoker.com
    Daftar Disini : DAFTAR
    BBM : D1BC1787
    LINE : 188ROMEOPOKER
    YM : CSROMEOPOKER@YAHOO.COM

    ReplyDelete